Senin, 14 Januari 2013

RSBI DAN SBI


RSBI dan SBI Menjadi Kelas Unggulan

SOLO (KRjogja.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana memposisikan Sekolah RSBI (Rintisan Sekolah bertaraf Internasional) pada kelompok kelas unggulan. Dalam hal ini, sebagian kelas dalam sekolah tersebut, dialokasikan bagi anak-anak 'berkebutuhan khusus' dalam arti memang memiliki tingkat kecerdasan jauh di atas rata-rata.

Hanya saja, jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, penempatan kelas unggulan itu tak berkait dengan pembiayaan. Kemungkinan sekolah memungut biaya lebih dibanding sekolah reguler lainnya, tambah Budi menjawab wartawan, di kantornya, Kamis (10/1), mungkin saja bisa dilakukan, namun tidak boleh berpengaruh pada hasil. Dalam proses penerimaan siswa baru, misalnya, penentu kelulusan tetap berada pada prestasi masing-asing calon siswa, bukan besaran sumbangan sebagaimana dihembuskan selama ini.



Kenyataan selama ini menunjukkan, di antara ribuan anak usia sekolah berbagai jenjang, selalu saja ada anak-anak yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Mereka tentu memerlukan wadah pendidikan tersendiri sehingga lebih berpeluang mengembangan diri sesuai tingkat kecerdasannya. Kelompok anak-anak itulah perlu diakomodasikan dalam kelas unggulan, tanpa membedakan latar belakang ekonomi keluarga yang biasanya termanivestasikan dalam besaran pungutan.

Hanya saja, penempatan eks sekolah RSBI dalam kelompok kelas unggulan, menurut Budi, sejauh ini masih dalam proses pengkajian lebih cermat. Pada prinsipnya, para siswa tak perlu cemas dengan pembubaran RSBI sebagaimana amanat keputusan Mahkamah Konstitusi. Sepanjang siswa memang memiliki kecerdasan tinggi, tak akan kehilangan prestasui, meski identitas RSBI dihapuskan. Demikian pula para guru di sekolah RSBI diharapkan tetap menjalankan tugas sesuai standar yang pedomani selama ini.

Menjawab pertanyaan tentang alokasi anggaran untuk sekolah RSBI dari pemerintah pusat yang cukup tinggi, Budi mengungkapkan, hingga kini belum ditemukan formula terbaik, terutama terkait dengan pertanggungjawaban keuangan. "Masih menunggu tindak lanjut dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait keputusan MK," ujar Budi. (Hut)

Sumber
http://krjogja.com/read/157747/rsbi-dan-sbi-menjadi-kelas-unggulan.kr

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar