Senin, 14 Januari 2013

CERNAK


TIDAK SELAMANYA ADIL ITU SAMA


Oleh : Melan Kusumandari

“Anak-anak hari ini Kita akan belajar PKn.Buka buku kalian hal 23!”kata Bu Nur yang sedang mengajar di kelas 3 SD Nusa Indah itu.
Suasana menjadi hening ketika Dian disuruh Bu Nur untuk mengutarakan pendapatnya mengenai Keadilan.
“Keadilan adalah sesuatu yang diberikan pada Kita dari orang lain dengan jumlah dan besar yang sama.”
“O……..jadi kalau begitu Ibuku itu tidak adil ya bu????”kata Rian memotong keheningan.
“Lho…lho…lho…kuk kamu bilang Ibumu tidak adil??Mengapa demikian??Coba kamu jelaskan Rian.”sahut Bu Nur
“Begini lho Bu!!Ibuku itu memberi uang saku kepada saya Rp 1000,00 setiap harinya. Sementara itu Ia memberi uang saku kepada Kakakku yang duduk di kelas enam Rp 2500,00. Selain itu,bila ada pekerjaan rumah yang belum terselesaikan misalnya menyapu atau menyiram bunga Ibuku selalu menyuruh Aku untuk menyelesaikannya.Begitu lho Bu..Jadi Ibuku tidak adilkan Bu??

Suasana menjadi gaduh setelah Rian berpendapat seperti itu.Siswa-siswi yang lain ikut berpendapat sesuai dengan apa yang mereka pikirkan.Kemudian Bu Nur menyuruh siswa-siswinya untuk tenang terlebih dahulu.
“Begini anak-anakku semua!Mungkin apa yang dirasakan Rian itu sama sebagaimana yang kalian rasakan.Tetapi itu bukan berarti Ibu kalian itu tidak adil.”
“Lho kok bisa begitu bu???”sahut salah seorang siswa.
“Begini anak-anakku semua,Keadilan itu bukan berarti memberikan dan memperlakukan sesuatu dengan sama.Akan tetapi,Keadilan itu lebih mengarah pada orang yang kita ajak interaksi.Jadi,begini siswa-siswiku Ibunya Dian bukan berarti tidak adil dalam mendidik anak-anaknya.”
“Lantas mengapa Ibunya memperlakukan seperti itu?”
“Saat itu mungkin Ibunya Dian sedang berpikir bahwa kakak Dian yang kelas enam itu lebih membutuhkan banyak waktu untuk belajar.Apalagi ini kan sudah bulan April sebentar menghadapi UAN.Jadi persiapannya harus benar-benar matang”
“Ooo iya ya Bu…Dan masalah Uang jajan itu juga sama kan Bu??”sahut salah seorang anak.
“Benar sekali,Kebutuhan kalian dengan kakak kalian itu kan lebih besar kakakmu.Jadi,kalau Ibu kalian memberi uang saku yang berbeda antara kamu dan kakakmu adalah sesuatu yang wajar. Jika kalian sudah seperti kakak kalian uang saku kalian juga akan bertambah kok.Hanya saja saat ini belum waktunya kalian mendapatkan hal tersebut.
“Oooo.. Begitu to bu!!!Makasih atas penjelasannya Bu!”kata Dian
“Ya sama-sama.Begini siswa-siswaku semua,tidak ada salahnya kan kalau kalian setelah ini minta maaf atas segala perbuatan kalian kepada ibumu!”
“Ya bu………”sahut anak-anak secara serempak”
Tiba-tiba bel pulang berbunyi.Seluruh siswa berkemas-kemas untuk pulang.Kemudian Mereka berdo’a sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
Setelah keluar dari kelas,beberapa anak yang telah dijemput ibunya langsung memeluk ibunya dan meminta maaf atas segala kelakuaannya.
Saat itu,tak sedikit ibu dan anak yang menangis.Kemudian dengan serempak anak-anak mengatakan
’I LOVE YOU MOM!!”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar