Senin, 14 Januari 2013

COKLAT STROBERI

Judul Novel    : Coklat Stroberi
Pengarang    : Christian Simamora
Penerbit    : Gagas Media
Tahun Terbit: 2008
Tempat Terbit: Jakarta
Tebal Novel: viii+178 halaman
Cetakan Ke: Pertama
Penyunting: Gita Romadhona
Harga Novel  : Rp 19.500,00


   




CINTA TERLARANG


Novel Coklat Stroberi karangan Christian Simamora ini, dapat digolongkan sebagai novel karena hanya menceritakan sebagian dari yang dialami pelaku.
     Novel ini mengisahkan tentang sepenggal kehidupan dua orang wanita yaitu Citra dan Key. Mereka adalah dua orang sahabat yang tinggal mengontrak di suatu rumah di Jakarta, karena orang tua mereka tinggal di luar kota. Keseherian mereka adalah anak kuliahan yang nyambi kerja. Citra bekerja di sebuah distro.Sedangkan Key berjuang untuk menjadi pemain sinetron. Keluarga Key sedang mengalami kesulitan keuangan, sehingga membuat Key tidak bisa membayar kontrakan rumah tahun ini dan sering menunggak pembayaran listrik. Apalagi kontrak sinetron yang menjadi harapan terakhir Key untuk mendapatkan uang gagal, karena produsernya ternyata naksir Key dan memiliki maksud terselubung sehingga membuat Key kabur dan memilih untuk tidak kembali lagi.

    Ibu Ratna, sang pemilik kontrakan, sudah bosan dengan seribu satu alasan Key tidak membayar kontrakan.Akhirnya,Ibu kost memutuskan memasukkan 2 orang anak temannya untuk meringankan biaya hidup Key dan Citra. Ternyata 2 orang baru yang mengontrak bersama mereka adalah cowok sepantaran mereka,yaitu Nesta dan Aldi.
    Kehadiran 2 orang cowok yang cukup keren-keren di kontrakan Key dan Citra membawa warna baru di kehidupan Mereka. Terlebih lagi, ketika Key jatuh cinta kepada Nesta. Namun, di balik itu semua, ada sesuatu yang dirahasiakan oleh Nesta dan Aldi. Awalnya Citra sempat merasa ada yang aneh pada Aldi, sepertinya Aldi sangat tertutup dan sangat misterius. Belum lagi dengan perhatian Aldi yang sangat besar kepada Nesta. Citra pun semakin curiga ketika Aldi sama sekali tidak menaruh perhatian kepada dirinya walaupun Citra sudah berusaha keras menarik perhatian Aldi. Sementara itu, Nesta dan Key sudah terlibat dalam hubungan yang lebih jauh. Dan ternyata kecurigaan Citra benar, Aldi dan Nesta memang memiliki hubungan khusus, yaitu saling menyukai satu sama lain walaupun mereka itu sama-sama lelaki. Key dan Citra shock ketika mengetahui hal itu. Nesta mencoba menjelaskan kesalahpahaman itu, tetapi ketiga temannya tidak mau mempercayainya. Nesta pun putus asa dan memutuskan untuk pergi dari kehidupan mereka. Namun, Key pun sadar bahwa ia sebenarnya mencintai Nesta dan ia pun akhirnya dapat mencegah Nesta pergi.
    Akhirnya, Nesta dan Key resmi berpacaran, sedangkan Aldi tetap menjadi gay bersama Dani.Sedangkan Citra akhirnya menemukan pria idamannya. 
    Bila dikaitkan dengan judul buku ini, “Coklat Stroberi”, tampak jelas bahwa tema novel ini adalah percintaan, khususnya cinta yang terlarang, yakni cinta antara dua orang laki-laki (Nesta dan Aldi). Nesta mendekati Aldi. Dibelainya kepala cowok itu penuh sayang.”Aduh…loe manja banget sih? Orang cuma nggak enak badan doang, kan?” (halaman 102). Jelas, bahwa ini sangat tidak wajar.
      Melalui buku ini, penulis ingin menelanjangi pikiran Aldi. Novel benar-benar menceritakan hubungan spesial antara Nesta dan Aldi.
    Dialog antar tokoh disampaikan dengan indah, sehingga dapat membuat pembacanya berimajinasi ketika membacanya. Namun, sayangnya penyampaian kata-katanya terlalu vulgar dan justru kita akan berimajinasi yang tidak-tidak.
    Christian Simamora menyampaikan akhir dari cerita ini dengan cukup menarik, karena pembaca tidak dapat menduga akhir dari cerita ini. Kebanyakan pembaca mengira akhir dari cerita ini akan seperti pada cover depan, yakni tercipta dua pasangan baru. Namun, justru penulis membawa imajinasi kita ke akhir cerita yang jauh berbeda.
    Penasaran?Buruan Baca saja novelnya !Pasti seru banget!Dijamin gag bakalan nyesel dech!! 
(Melan Kusumandari)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar